Kacier Kusuma's Blog
where I share my knowledge useful

Ayam ketawa, mudah pakan dan perawatannya

Seperti ayam lokal lainnya, budidaya ayam ketawa relatif mudah. Pakannya gampang didapat, daya tahan tubuhnya pun kuat di berbagai cuaca. Hal ini jelas berbanding terbalik dengan harga ayam ketawa yang bisa menjulang.

Sunarso, penjual ayam ketawa di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, mengungkapkan, ayam ketawa cukup diberi pakan campuran. Pakan ini terdiri dari jagung, gabah, beras merah, dan pur. Keempat bahan ini dengan mudah bisa ditemukan di pasar-pasar burung.

Dalam sehari ayam-ayam ini diberi makan tiga kali, pagi, siang, dan sore. “Porsinya, satu genggam untuk satu ekor,” kata Sunarso.

 

Selain pakan tadi, ayam juga diberi pakan khusus yang disebut Sunarso sebagai jamunya ayam ketawa. Pakan tersebut berupa campuran jahe, kunyit, dan kencur. Ketiga bahan ini diiris kecil-kecil untuk kemudian disuapkan ke ayam. Pemberian pakan ini bertujuan meningkatkan daya tahan tubuh si ayam.

Pemeliharaan ayam ketawa pun relatif mudah. Ayam ini tak perlu ditempatkan di area khusus. “Cukup dimasukkan ke dalam kandang,” ucap Sunarso.

Di rumahnya, Sunarso memiliki 11 ekor ayam ketawa yang sedang diternakkan. Bisnis ini memang menggiurkan lantaran harga ayam ketawa tergolong tinggi. Sunarso mematok harga seekor ayam ketawa Rp 250.000 sampai Rp 3 juta. Mahal murahnya, tergantung dari umur si ayam. Semakin dewasa usia ayam, kian mahal harganya. “Di usia dua hingga tiga tahun, ketawanya sudah bagus sekali,” ujar Sunarso.

Pasar Sunarso kebanyakan para kolektor yang tinggal di Jakarta. Ada pula pembeli dari Indramayu dan Purwakarta.

Ketua Persatuan Pecinta dan Pelestari Ayam Ketawa Indonesia (P3AKI) Denawi Usman mengatakan, sistem ternak yang digunakannya adalah sistem telur. Dia menunggu sampai ayam-ayam ketawa yang dikirim langsung dari Sidrap, Sulawesi Selatan bertelur. Kemudian, telur-telur ini ditetaskan di mesin penetas. “Indukannya saya jual. Jadi cuma telurnya yang saya ternakkan,” tuturnya.

Denawi memiliki 30 ekor ayam ketawa di rumahnya di Semarang, Jawa Tengah. Awalnya ia tak tertarik dengan keunikan ayam ini. “Satu tahun lalu diberi keponakan meski saya tidak suka binatang. Lalu dipaksa. Eh, akhirnya malah suka, lucu ketawanya,” tuturnya.

Berawal dari hobi, merambah ke bisnis. Itulah yang terjadi pada Denawi. Melihat ada celah usaha, dia pun mulai giat beternak. Satu ekor ayam ketawa harganya mulai Rp 3 juta sampai Rp 60 juta.

Berbeda dengan Sunarso, hitungan harga ala Denawi tergantung dari suara ketawa si ayam. Ada tiga kategori ketawa. Pertama, tawa standar. Ayam kategori ini memiliki suara tertawa pendek. Kedua, dangdut. Suaranya agak rapat. Ketiga, slow. Tipe suara ketawanya mengalun.

Di luar kategori ini ada pula kategori antik. Suara tertawa ayam tipe memiliki ini durasi satu hingga dua menit. Namun, yang biasa menjadi jawara kontes adalah tipe tawa dangdut dan slow. “Kalau yang antik, terlalu lama ketawanya,” ujar Denawi.

Pada artikel macam-macam obat untuk unggas dan kegunaannya bagian 1, kami mencoba membahas dari kegunaan obat – obat untuk unggas khususnya ayam, dan kerena banyaknya obat-obatan untuk unggas maka artikel ini kami buat bersambung.
VITA TETRA CHLOR (antibiotic – vitamin – mineral)
Sering di sebut tetra chlor
Sepengetahuan kami tetra chlor ada 2 macam kemasan yaitu kemasan sachet yang berisi 10 kapsul dan kemasan botol yang berisi 50 kapsul.
Vita tetra chlor adalah kapsul yang mengandung 2 antibiotik berspektrum luas dan bekerja senerji dengan cara mengikat rebosom 30S dan 50S sehingga sintesis protein terhambat.
Vitamin B kompleks dibutuhkan untuk mengikat daya tahan tubuh terhadap penyakit, sedangkan mineral berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan elektrolit tubuh, kombinasi antibiotic, vitamin dan mineral akan mepercepat proses penyembuhan.
Sehingga tetrachlor dapat digunakan untuk ayam yang sedang sakit :
-         Korisa (snot, pilek, muka bengkak)
-         Kolera (berak hijau)
-         Pullorum (berak kapur)

-         CRD (ngorok)

24 Tanggapan to “Ayam ketawa, mudah pakan dan perawatannya”

  1. gimana ya mas caranya agar ayam ketawaku bisa rajin / sering berkokok ?? makasih atas infonya

  2. SY PNYA 4 EKR ANK AYM KETW BGIMN PELIHARANYA PEKAN APA YANG DIKASIH ?

    • kalo masih dibawah umur 3 bulan PUR aj dan vitamin…kalo sudah diatas 3 bln mulai diselingin dengan beras merah…jgn lupa kasih tomat dan jahe

  3. ingin belajar merawat ayam ketawa

  4. Mohon pencerahan Om, sbg pemula sekaligus hobies ayam sy bingung cara membedakan ayam ketawa (sulsel) dg ayam kokok balenggek (AKB) yg berasal Sumbar, apakah kedua jenis ayam tsb khas/murni/asli ayam Indonesia karena sy liat legalitasnya hanya ada (AKB) pd (Kepmen Pertanian no. 2919/Kpts/OT.140/6/2011 tentang Penetapan Rumpun Ayam Kokok Balenggek) dan kalo sy perhatikan kedua suara ayam tsb sangat mirip sekali dan yg mengherankan lg Kaisar Jepang katanya pernah berkunjung ke Sumbar khusus utk mendengar AKB, sangat membingungkan sekali lagi mohon pencerahannya Om, terimakasih Om,

  5. Saya suka berternak bos,….gimana kalau buka agen…di JAWA BARAT SUBANG…..KAYANYA RAMEH…..LANGKAH-LANGKAHNYA BOS…OBAT2ANNYA,,,,,BIAYANYA JANGAN TERLALU BESAR DULU BOS…..MOHOON BOMBINGANNYA,,,,,,,

  6. ayam ktw kalo dilepas ditanah lapang mkn batu/pasir dan sukan mandi tanah pasir apa bgs / tdk bagus dan lagi gasih tomat dan jahe wktnya kapan makasih Isan Kal sel

  7. Knp Ayam ku Kokokx Kayak Ayam Kampung, Mungkin Karna Usiax Masih 3 bulan Yah? Padahal nie Asli Dari Sidrap lho , Wawan Kab. Bone

  8. Saya sudah mulai memelihara ayam ketawa, belia anakan dr teman. Trima kasi pencerahannya, sangat bermanfaat. Arif LA

  9. saya punya sepasang ayam ketawa sudah usia 4 bulan kira kira di jual laku berapa yah ,,,,,,tlp kami 02183440234 dgn roby sinaga

  10. pa’ sunarso saya mau tanya alamat di lenteng agung posisinya dimana ya?

  11. pak sunarso,boleh kah saya meminta alamat+cp bapak?
    terima kasih

  12. apa ada cara kasi panjang bunyi ayam yg bunyinya pendek,,,,,?mkasi

  13. mas apa jamu khusus ayam ketawa/

  14. pak’ sunarso apa jamu khusus ayam ketawa?

  15. mau tanya alamatnya , hp dan emailnya. thank dari figo 0818 70 60 88.

  16. om mau jual ayam ketawa umur 7bln???thx….om
    hp:081905638962

  17. boz kenapa ayam ketawa saya umur 1 tahun kok

    kokok nya halus gk seperti ayam ketawa yg lain nya ?????

  18. ayam ketawaku satu jodoh sdh hubungan sex 2 minggu kok belum bertelur.kenapa ya ?? tolong infonya pak …..makasih

  19. Pecinta dan Pelestari Budidaya Ayam Ketawa (Ayam Gaga) & Serama. Jual Segala Jenis Ayam Ketawa & Ayam Serama (Kualitas Kontes) – Bahan (Anakan) – Remaja – Dewasa. Menjual Segala Macam Perlengkapan Ayam Ketawa dan Serama dalam sekala besar atau eceran. Menjual Segala Jenis Kandang Burung. Hub: 081383518844 Bpk Tickoh.

  20. assalamualaikum pak mau tanya gmn caranya biar ayam ketawa bisa bikin rame apa perlu buat persatuan hobi ayam ketawa….aq dari situbondo jatim


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: