Kacier Kusuma's Blog
where I share my knowledge useful

Windows Server 2003, Terminal Service

MEMBANGUN TERMINAL SERVICE PADA JARINGAN

KOMPUTER  BERBASIS WINDOWS SERVER 2003

DI SMK NEGERI 1 WATULIMO

KABUPATEN TRENGGALEK

Abstrak : SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek telah memiliki laboratorium komputer. Akan tetapi komputer yang ada masih komputer  lama dengan spesifikasi hardware yang rendah. Hal ini menghambat proses pembelajaran khusunya KKPI karena kinerja komputer yang lambat. Untuk memperlancar  proses pembelajaran KKPI dibutuhkan komputer-komputer yang memiliki spsefikasi hardware yang tinggi. Karena masih terbatasnya anggaran, maka perlu dibangun jaringan komputer yang memanfaatkan fungsi terminal service.

Tugas akhir ini dilaksanakan di Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek dengan metode perancangan yang meliputi identifikasi sistem dan perangkat jaringan, instalasi sistem operasi client, server dan firewall, konfigurasi LAN dengan topologi star, konfigurasi terminal service dengan menggunakan Windows Server 2003. Analisis hasil pengujian  yang digunakan adalah dengan menguji jaringan yang dibangun, meliputi pengujain instalasi sistem operasi client, server dan firewall, pengujian UTP, pengujian koneksi LAN dan log on terminal service.

Setelah dilakukan instalasi software pada server, client dan firewall, instalasi dan konfigurasi jaringan dan konfigurasi terminal service, maka komputer client dapat mengakses aplikasi yang ada di komputer server.  Dalam membangun jaringan dengan fasilitas terminal service diperlukan stabilitas dari sistem operasi baik server, client maupun firewallTerminal service dapat meningkatkan kinerja komputer lama yang lambat sehingga mampu menjalankan  aplikasi yang membutuhkan spesifikasi hardware tinggi. Hasil pengujian diperoleh data bahwa semakin banyak client yang mengakses aplikasi pada server secara bersama – sama, maka kecepatan eksekusi semakin berkurang.

Berdasarkan hasil, dapat disarankan untuk pengembangan jaringan lebih lanjut misalnya berupa jaringan nirkabel atau jaringan antar gedung, sehingga semua komputer di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek dapat log on ke server yang ada di laboratorium. Pemanfaatan fitur yang ada pada server belum maksimal, sehingga kedepannya dapat dikembangkan pemanfaatan fungsi dari server.

Kata kunci : Windows Server 2003, Terminal Service

Memahami akan laju perkembangan dan dinamika peradaban manusia di muka bumi ini adalah merupakan tuntutan yang perlu mendapatkan perhatian serius dari manusia di muka bumi itu sendiri. Sudah barang tentu siapa yang tidak mampu menyesuaikan dengan keadaan, maka tidaklah akan mampu bertahan apalagi bersaing dalam peradabannya atau dengan kata lain ditinggalkan oleh jaman.

Berpangkal tolak dari kondisi riil yang ada di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek dalam proses pelaksanaan tugas maupun pendekatan teknologi utamanya di bidang teknologi informasi, maka ada hal yang perlu mendapatkan perhatian serius dalam rangka menunjang keberhasilan pelaksanaan proses pendidikan di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek.

Salah satu permasalahan yang menghambat pelaksanaan proses pembelajaran, khusunya pembelajaran KKPI (Keterampilan Komputer dan Pengolahan Informasi) di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek adalah keadaan komputer di laboratorium. Komputer ada dalam laboratorium adalah komputer – komputer  lama dengan spesifikasi hardware yang rendah, sehingga dalam setiap pengeksekusian aplikasi membutuhkan waktu yang lama dan tidak jarang pula menimbulkan kejenuhan bagi siswa.

Seperti yang telah kita ketahui, untuk mengganti komputer – komputer yang ada di laboratorium tersebut dengan komputer – komputer baru yang memiliki spesifikasi hardware yang tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan juga memerlukan perencanaan serta perhitungan yang matang. Oleh karena itu sebuah solusi pemecahan permasalahan tersebut sangat dibutuhkan supaya pendidikan di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek khusunya pembelajaran KKPI tetap berjalan dengan lancar walaupun dengan peralatan yang masih kurang memenuhi standart.

Berdasarkan paparan permasalahan tersebut dan mengacu pada prinsip ekonomi yaitu “dengan modal sekecil – kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar – besarnya”, maka pembangunan jaringan komputer yang berbasis terminal service di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek sangat dibutuhkan agar pembelajaran tetap berjalan dengan lancar.

METODE

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian praktek langsung dengan pengertian bahwa penelitian ini langsung dipraktekkan pada instansi terkait pada saat penelitian. Penelitian ini ditempuh untuk mengetahui pengaruh dari pemanfatan terminal service terhadap kinerja komputer – komputer dengan spesifiksi hardware rendah. Tahapan  dari terminal service adalah sebagai berikut:

Untuk membangun jaringan komputer yang berbasis terminal service di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek diperlukan sebuah identifikasi, yang meliputi identifikasi jaringan, hardware dan software yang digunakan. Setelah tahap identifikasi, dilanjutkan dengan tahap instalasi yang meliputi instalasi software, yaitu instalasi Windows Server 2003 pada serve, instalasi Windows XP pada komputer client dan instalasi Linux Pfsense pada firewall. Setelah proses instalasi software selesai dilanjutkan dengan instalasi jaringan LAN.

Setelah selesai tahap instalasi, dilanjutkan dengan tahap konfigurasi yng meliputi konfigurasi jaringan dan konfigurasi terminal service remote dekstop. Konfigurasi jaringan dilakukan dengan cara memberikan IP Address pada server, client dan firewall. Konfigursi terminal service dilakukan dengn cara mengaktifkan fasilitas terminal service yang ada pada Windows Server 2003 pada server, memberikan ijin koneksi secara remote dan melakukan konfigurasi remote dekstop pada komputer client sehingga komputer client bisa log on ke server.

HASIL

Pengujian pada pembangunan jaringan komputer yang berbasis terminal service ini bertujuan untuk mengetahui apakah sistem yang telah dibuat sudah dapt bekerja dan sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian ini meliputi pengujian instalasi software, pengujaian UTP, pengujian koneksi LAN dan log on terminal service.

Pada pengujian instalasi software menunjukkan bahwa semua hardware pada server dan client sudah dapat dikenali oleh window dan Linux Pfsense bisa diakses dari server dan client. Kemudian  dilanjutkan dengan pengujian UTP pada server dan client. Pada Pengujian UTP, pemberian IP Address sudah muncul dengan penggunan perintah ipconfig/all pada server dan client. Dilanjutkan dengan pengujian koneksi LAN dan menunjukkan antara sever, client dan firewall sudah terhubung dalam satu jaringan dan bisa mengakses internet. Kemudian dilanjutkan dengan percobaan log on terminal sevice dari client. Client dapat log on ke terminal service dengan menggunakan koneksi remote dekstop.

PEMBAHASAN

Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa dengan pembangunan jaringan yang berbasis terminal service, maka komputer client yang memiliki spesifikasi hardware yang rendah dapat log on terminal service. Sehingga kecepatan kinerja komputer client lebih cepat dari sebelum log on terminal service. Setelah log on terminal service secara otomatis sistem operasi client non aktif, sehingga yang tampil adalah tampilan yang ada pada server, atau bisa dikatakan menjalankan server tetapi melalui komputer client dan client dapat menjalankan aplikasi yang ada pada server dengan kecepatan akses yang sama dengan kecepatan server. Akan tetapi semakin banyak jumlah client yang log on terminal service dan mejalankan aplikasi secara bersamaan maka kecepatan akses akan semakin berkurang, sehingga perlu dibangun suatu sistem lebih lanjut agar kecepatan akses tetap walaupun diakses oleh banyak client secara bersamaan

KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan

Dalam membanguna jaringan komputer yang berbasis terminal service di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek menggunakan jaringan komputer dengan sistem LAN yang menggunakan topologi star. Dalam membanguna jaringan ini diperlukan stabilitas sistem operasi baik pada server, client dan firewall sehingga masing – masing komputer dapat terkoneksi dalam satu jaringan dan client dapat log on terminal service.

Dengan log on terminal service maka komputer lama dengan spesifikasi hardware yang rendah dapat menjalankan aplikasi yng membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi.. Akan tetapi jika diakses oleh banyak client dalam waktu yang bersamaan, maka kecepatannya semakin berkurang.

Saran

Pada pembangunan jaringan komputer di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek ini, pemanfaatan fungsi server hanya pada pemanfaatan fungsi terminal service, sehingga kedepannya perlu dikembangkan pemanfaatan funsi dari server tersebut dan bisa dibangun jaringan lebih lanjut, misalnya jaringan nirkabel ataupun jaringan antar gedung sehingga semua komputer yang ada di SMK negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek bisa log on ke server.

DAFTAR RUJUKAN

M Nur Rifki. 2009. Kelebihan Windows Server 2003. (online), (http://rifkinurm.blogspot.com/2009/01/kelebihan-windows-2003-server.html, diakses tanggal 30 oktober 2009 )

Rivai, Randy. 2009. Sejarah Pengertian Windows. (online) (http://rendyrivai.ngeblogs.com/2009/10/12/sejarah-pengertian-windows/ , diakses tanggal 30 Oktober 2009)

Sukmaaji, Anjik & Rianto. 2008, Jaringan Komputer : C.V. Andi Offset; Yogyakarta.

Tanembaum, Andrew S., 1997, Jaringan Komputer : Jilid 1 & 2 Edisi ke tiga, Salemba Teknika

Tutang, 2005. Mendesain dan Mengimplementasikan Jaringan Modern Berbasis Microsoft Windows Server 2003 : D@takom; Jakarta.

Wikipedia. 2003. Jaringan Komputer. (online), http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer, diakses tanggal 30 oktober 2009)

Wikipedia. 2003. Terminal services. (online), (http://id.wikipedia.org/wiki/Terminal_Services, diakses tanggal 30 Oktober 2009)

Belum Ada Tanggapan to “Windows Server 2003, Terminal Service”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: