Kacier Kusuma's Blog
where I share my knowledge useful

Tsunami Hantam Kota Pantai Cile

Tsunami Hantam Kota Pantai Cile

Setelah Diguncang Gempa 8,8 SR, Ratusan Warga Tewas

SANTIAGO – Gempa dahsyat mengguncang Cile, Amerika Latin, dini hari kemarin (27/22) atau sore kemarin WIB. Gempa berkekuatan 8,8 skala Richter (SR) itu terjadi pada pukul 03.34 (pukul 13.34 WIB) pada kedalaman sekitar 35 km.

Pusat gempa berlokasi sekitar 100 km barat laut dari Chillan, kota pantai di Cile, serta 115 km timur laut dari Kota Concepcion. Dari Santiago, ibu kota Cile, episentrum (titik pusat) gempa, berjarak sekitar 325 km di sebelah timur laut.

Pacific Tsunami Warning Center, lembaga survei dan pemantau tsunami yang berada di Hawaii, AS, melaporkan kemarin siang (tadi malam WIB) bahwa gelombang laut tinggi atau tsunami, akibat gempa tersebut, menghantam Talcahuano, kota pantai di Cile. Belum ada laporan resmi soal kerusakan dan dampak tsunami di kota tersebut. Tsunami dilaporkan terjadi tiga jam setelah gempa kali pertama mengguncang.

Menurut Pacific Tsunami Warning Center, Talcahuano termasuk di antara 11 kota pantai di Cile yang dihantam oleh tsunami setinggi hampir 8 kaki (sekitar 2,5 meter).

Kepanikan melanda seantero Cile maupun negara-negara tetangganya. Pasalnya, sedikitnya 20 kali terjadi gempa susulan dengan kekuatan 5 SR hingga 6,9 SR.

Presiden Cile Michele Bachelet bersama anggota kabinetnya bergegas menuju istana di pagi buta itu untuk melakukan rapat darurat dan menggordinasikan upaya penanganan. ”Dengan skala kekuatan gempa itu, korban jiwa dalam jumlah besar tidak terhindarkan,” kata Bachelet.

Laporan sementara menyatakan, sedikitnya 122 warga tewas. Selain itu, banyak infrastruktur hancur atau rusak berat. Termasuk, jalan, jembatan, dan sarana transportasi lainnya. Kota Santiago gelap total. Listrik dan saluran telekomunikasi terputus. Bandara internasional ditutup karena rusak akibat gempa.

”(Gempa) ini merupakan pengalaman terburuk sepanjang hidup saya,” kata Sebastian, 22, yang menyaksikan rumahnya hancur di timur Santiago.

Sejumlah laporan media menyatakan, tembok dan bangunan roboh atau hancur. Banyak warga, yang masih mengenakan piyama, lari ke jalan. Saat gempa itu terjadi, umumnya warga sedang terlelap.

Tayangan televisi menunjukkan gambar-gambar bangunan yang hancur atau rusak berat. Jalan-jalan di sejumlah kota penuh dengan puing-puing. Beberapa bangunan juga terlihat hangus dilalap api. Warga di selatan Santiago menyatakan, jalan dan jembatan rusak berat.

Presiden Bachelet memerintahkan evakuasi parsial (sebagian) di antara 4 ribu warga Easter Island untuk mengantisipasi tsunami. Sebab, lokasi pulau tersebut termasuk lebih rendah dibandingkan permukaan laut. ”Gelombang laut tinggi bisa meluluhlantakkan pulau tersebut,” katanya. Dia juga mengerahkan dua kapal perang dengan membawa bantuan menuju Robinson Crusoe Island, bagian dari kepulauan Juan Fernandez milik Cile.

Gempa terbesar yang pernah melanda Cile terjadi pada 22 Mei 1960. Saat itu, gempa berkekuatan 9,5 SR menewaskan 1.655 orang dan mengakibatkan 2 juta warga kehilangan tempat tinggal. Selanjutnya, tsunami akibat gempa itu menewaskan banyak orang di Hawaii, Jepang, dan Filipina. Tsunami akibat gempa Cile saat itu juga mengakibatkan kerusakan di wilayah pantai barat AS.

Gempa yang mengguncang Cile kali ini jauh lebih dahsyat dibandingkan gempa di Haiti, Karibia, pada 12 Januari lalu. Saat itu, gempa berkekuatan 7 SR di Haiti menewaskan lebih dari 230 ribu orang. Karena itu, sejumlah kalangan memperkirakan korban gempa Cile kali ini bisa mencapai ribuan orang.

Selain Cile, tsunami dini hari tadi WIB dilaporkan telah melanda beberapa wilayah di kawasan Pasifik. Misalnya, Kepulauan Gambier di wilayah Polynesia Prancis dihantam gelombang laut setinggi 2,5 meter. Tsunami menerjang kepualaun itu pukul 06.30 (pukul 23.30 WIB).

Itu menjadikan Polynesia sebagai wilayah pertama yang kena tsunami di Pasifik akibat dampak gempa di Cile. Sirene tanda bahaya langsung dibunyikan di seantero wilayah kepulauan tersebut.

Wilayah Kepulauan Tahiti juga dihantam tsunami pukul 07.50 waktu setempat (pukul 00.50 dini hari tadi WIB). Penerbangan pesawat Air Tahiti Nui, yang dijadwalkan tiba di Haiti hari ini, terpaksa dialihkan ke Hawaii.

Gelombang laut setinggi dua meter juga melanda Kepulauan Marquise dan Rurutu di Pasifik. Warga pun diminta untuk berlindung ke lokasi setinggi 10 meter di atas permukaan laut.

Sejumlah negara lain di Pasifik mengantisipasi kemungkinan tsunami di wilayah mereka. Misalnya, Kepulauan Samoa dan Samoa Amerika menginstruksikan warga mereka agar berlindung dan mencari lokasi lebih tinggi. Tsunami diperkirakan melanda dua wilayah itu Sabtu pagi waktu setempat (Minggu dini hari WIB).

Para pejabat Fiji juga memperingatkan warganya bahwa gelombang laut setinggi 7,5 kaki (sekitar 2,5 meter) bakal menghantam wilayah utara dan selatan wilayahnya. Begitu pula Kepulauan Tonga bakal terkena.

Pada 29 September 2009, gelombang laut setinggi 14 meter melanda kawasan tersebut akibat gempa berkekuatan 8,3 SR. Saat itu, 34 warga tewas di Samoa Amerika, 183 tewas di Samoa, dan sembilan lainnya tewas di Tonga.

Pemerintah AS juga mengeluarkan peringatan soal kemungkinan tsunami di wilayahnya maupun negara-negara Pasifik. ”Tsunami yang terjadi akibat gempa (di Cile) bisa menimbulkan kerusakan yang meluas,” kata Pacific Tsunami Warning Center.

Jepang dan sejumlah negara Asia juga mewaspadai ancaman tsunami tersebut di wilayahnya. Pemerintah Jepang memperkirakan tsunami mencapai pantai timur negaranya Minggu siang (28/2) atau Minggu sore WIB. ”Kami bisa membayangkan tsunami akibat gempa tersebut akan melanda Jepang,” kata Yasuo Sekita, pejabat badan meteorologi Jepang. Pada saat hampir bersamaan kemarin, Pulau Okinawa di Jepang diterpa gempa seismik. Gempa tersebut juga mengakibatkan tsunami kecil. Kendati begitu, hanya terjadi kerusakan kecil. Hanya sedikit warga luka.

Filipina, Australia, dan Selandia Baru juga mengeluarkan peringatan soal kemungkinan tsunami di wilayahnya.

Belum Ada Tanggapan to “Tsunami Hantam Kota Pantai Cile”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: