Kacier Kusuma's Blog
where I share my knowledge useful

Unjuk Rasa Buruh Tangerang Macetkan Tol Tangerang-Merak

Jalan tol Tangerang-Merak macet total selama sekitar 9 jam Selasa kemarin (8/12). Situasi itu diperparah dengan macetnya Jalan Raya Serang-Jakarta. Penyebabnya, ribuan buruh Tangerang berunjuk rasa dengan memblokade akses menuju dua jalan tersebut.

Aksi buruh itu melibatkan beberapa aliansi buruh. Antara lain, Kasbi, SPMI, SPSI-Kep, SPN, dan SBSI. Tuntutannya, Bupati Tangerang Ismet Iskandar merevisi upah minimum kabupaten (UMK) Tangerang 2009 yang saat ini sebesar Rp 1.117.254 per bulan. “Aksi ini merupakan kekesalan kami kepada Bupati Ismet. Sebab, dia (Ismet, Red) tidak promasyarakat seperti kami, dengan menetapkan UMK sesuai dengan keinginan para pengusaha,” teriak Koswara, koordinator lapangan (Korlap) aksi buruh.

Dalam orasinya itu, Koswara menyerukan agar Ismet melepaskan jabatannya sebagai bupati Tangerang karena dinilai tidak mementingkan hajat hidup orang banyak. “Ini merupakan tindakan penyelewengan jabatan. Kalau tidak turun secara hormat, kamilah yang akan menurunkan!,” tambah Koswara.

Aksi itu dimulai sekitar pukul 07.00 WIB. Para buruh terkonsentrasi di beberapa titik. Di antaranya, di barat -pintu tol Balaraja, Kedaton, Cikupa- dan timur -pintu tol Bitung.

Mereka memblokade akses di titik-titik tersebut dengan sepeda motor, truk, dan mobil. Mereka juga membentangkan poster dengan tulisan “UMK 100% KHL”. Maksudnya, UMK harus disesuaikan dengan KHL (kebutuhan hidup layak).

Lewat tengah hari, para buruh itu bergerak menuju Puspemkab Tangerang. Dalam perjalanan, mereka yang melintas di sejumlah perusahaan melakukan sweeping. Mereka mengajak buruh di perusahaan-perusahaan tersebut bergabung dalam aksi unjuk rasa itu. Di PT Ching Luh, Cikupa, aksi sweeping yang dilancarkan para buruh sempat mendapatkan perlawanan dari pihak manajemen dan para pekerja di perusahaan yang memperoduksi sepatu tersebut.

Selanjutnya, mereka bergerak menuju Kantor Bupati dan DPRD Tangerang. Ketika sampai di dua instansi tersebut, tidak ada seorang pun pejabat yang menemui mereka.

Ismet tengah berada di Hotel Anggrek, Jakarta, untuk membahas RAPBD 2010. Sementara itu, kantor DPRD juga kosong. Pasalnya, 49 anggota DPRD Kabupaten Tangerang sejak Senin (7/12) melakukan kunjungan kerja ke sejumlah daerah di Indonesia.

Para buruh itu hanya “ditemani” -tepatnya dijaga- ratusan polisi dan satpol PP. “Kami menurunkan 200 petugas untuk berjaga-jaga,” kata Kepala Satpol PP Kabupaten Tangerang Arsyad Husein kemarin.

http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=104561

Belum Ada Tanggapan to “Unjuk Rasa Buruh Tangerang Macetkan Tol Tangerang-Merak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: