Kacier Kusuma's Blog
where I share my knowledge useful

Pemkab Wonosobo Pecahkan Rekor Muri Menggoreng 12.212 Tempe Kemul

99817largeTempe kemul atau tempe mendoan selama ini menjadi menu sehari-hari hampir semua masyarakat Wonosobo. Bahkan, para tamu atau wisatawan yang berkunjung ke kota dingin ini akan merasa kurang lengkap bila belum makan tempe kemul.

Untuk menegaskan kepada publik bahwa tempe kemul sebagai makanan khas Wonosobo, kemarin (10/11) Pemerintah Kabupaten Wonosobo memecahkan rekor Muri menggoreng tempe kemul terbanyak. Untuk membuat acara itu, pemkab bekerja sama dengan KKN Unnes Semarang bersama masyarakat setempat. Mereka berhasil menggoreng 12.212 tempe kemul dalam waktu 90 menit. Kegiatan itu dilangsungkan di halaman Kecamatan Leksono.

Pemecahan rekor Muri menggoreng tempe kemul itu diikuti 40 orang. Mereka menggunakan 60 penggorengan. Mereka adalah pedagang yang selama ini berjualan di sejumlah pasar di Wonosobo.

Acara menggoreng tempe kemul masal itu dipimpin Bupati Wonosobo A. Kholiq Arief. Dia menggoreng tempe kemul hingga matang. Acara itu lantas secara serentak diikuti semua peserta.

“Kami sudah punya mi ongklok sebagai makanan khas Wonosobo. Yang tak kalah adalah tempe kemul karena hampir setiap hari makanan ini menjadi menu masyarakat Wonosobo,” kata Bupati Kholiq yang mantan wartawan ini.

Ketua Panitia Rizal Taufiq Yulianto dari KKN Uness Semarang mengungkapkan, gagasan memecahkan rekor Muri dengan memproduksi tempe kemul itu muncul saat semua anggota KKN yang tersebar di tujuh kecamatan di wilayah Wonosobo melakukan evaluasi. Mahasiswa mempunyai kesan, setiap hari mulai pagi hingga malam selalu disuguhi tempe kemul oleh pemilik rumah.

“Di tempat lain mungkin disebut tempe mendoan. Masyarakat Wonosobo mempunyai nama yang khas, yakni tempe kemul,” katanya.

Sri Widayati dari Museum Rekor Indonesia (Muri) menyebutkan bahwa masyarakat Wonosobo berhasil memecahkan rekor Muri ke-3965. Yakni, menggoreng tempe kemul terbanyak dengan waktu tercepat. Dengan peristiwa ini masyarakat Wonosobo mengalahkan Kabupaten Banyumas yang pernah menggoreng 10 ribu tempe mendoan pada 19 April 2006 silam.

http://www.jawapos.co.id/

6 Tanggapan to “Pemkab Wonosobo Pecahkan Rekor Muri Menggoreng 12.212 Tempe Kemul”

  1. enak ne kie Tempe uakeh,,Tingal makan g usah pesan gone mbK.Winie…!!

  2. mbak winie itu sapa seh?

  3. foto ku kok nampang di situ

  4. tempe nya bnyak banget iya

  5. bnyak banget tempe nya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: