Kacier Kusuma's Blog
where I share my knowledge useful

Minum Susu Kedelai, Puluhan Siswa Keracunan

imagesPuluhan siswa MI Miftahul Ulum kemarin mengalami keracunan. Diduga hal itu disebabkan karena mereka telah mengonsumsi susu kedelai yang diberikan sekolahan. Sebagian besar siswa mengaku merasakan mual, pusing dan akhirnya muntah-muntah. Akhirnya mereka dilarikan ke Puskesmas setempat untuk mendapatkan perawatan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Radar Kediri, kejadian yang sempat menggegerkan warga khususnya wali murid tersebut terjadi sekitar pukul 10.15 kemarin. Ketika itu, para siswa yang sedang ujian tengah semester tersebut istirahat. Menurut keterangan Kepala Sekolah MI, Bahrul Ulum, setiap istirahat murid diberikan makanan dari sekolah. “Ini program dari pemerintah,” terangnya. Menurutnya sudah beberapa hari ini dia memberikan makanan tambahan kepada siswa. “Tujuannya untuk peningkatan gizi,” sebutnya. Sebelum-sebelumnya, sudah diberikan makanan dan minuman lainnya. Sedangkan kemarin adalah waktunya susu kedelai.

Kebetulan, Luluk, guru kelas 2, mempunyai saudara yang menerima pesanan susu kedelai yaitu Munib, 27, warga Desa Damarwulan, Kecamatan Kepung. Maka sebelumnya, pihak sekolah sepakat untuk memesan susu kedelai kepada Munib.

Pada hari H, sekitar pukul 08.00 susu kedelai berjumlah 222 bungkus plastik dikirimkan ke sekolah. Susu tersebut terdiri dari bermacam-macam rasa dan warna. Antara lain coklat, putih, anggur, kuning dan hijau. Setelah jam 10.00 saat selesai jam pertama ujian dan memasuki jam kedua, susu kemudian dibagikan ke siswa. Awalnya, tidak ada tanda-tanda mencurigakan saat siswa mengonsumsi susu tersebut. Namun gejala aneh mulai muncul beberapa menit setelahna. Beberapa siswa mulai mengeluh pusing dan mual. Bahkan sebagian diantaranya sampai muntah-muntah.

Para siswa tersebut kemudian dilarikan ke Puskesmas Kandangan. Sementara itu susu kedelai yang tadinya dibagikan akhirnya ditarik kembali untuk diamankan. Hingga pukul 14.00 kemarin, sekitar 75 siswa yang menjalani perawatan di puskesmas tersebut. Bahkan 5 diantaranya harus disuntik infus di lengannya dan harus tinggal lebih lama di puskesmas. Sementara yang lainnya diperbolehkan pulang setelah diberikan perawatan.

Menurut keterangan dokter Linda, Kepala puskesmas, sebagian besar murid diduga mengalami keracunan. “Kalau melihat gejalanya, mereka keracunan,” jelasnya. Nah, keracunan tersebut menurutnya bermacam-macam sebabnya. “Kalau melihat susunya, kemungkinan salah menyimpan atau mengemas. “Akibatnya susu menjadi basi,” terangnya. Linda menambahkan kalau kemungkinan salah satu penyebabnya adalah susu masih dalam kondisi panas sudah dibungkus. Hingga kemarin, pihak puskesmas masih melakukan pemeriksaan terhadap susu kedelai untuk mengetahui kandungan zat-zat di dalamnya.

Sementara itu, kemarin polisi langsung memanggil 2 orang yang terlibat dalam pembagian susu tersebut. Mereka adalah Luluk, guru kelas 2 dan Munib, 27, kakaknya. “Mereka kita periksa untuk sementara sebagai saksi,” papar Kapolsek Kandangan AKP Basuki. Kepada petugas, Luluk mengatakan kalau susu tersebut dibuatnya pada malam sebelum dibagikan. Bahkan susu tersebut sudah disimpan di dalam kulkas. Luluk menambahkan sebelum diberikan kepada siswa MI, susu juga diberikan kepada siswa TK Miftahul Ulum, namun tidak apa-apa. (c2)

http://jawapos.com

3 Tanggapan to “Minum Susu Kedelai, Puluhan Siswa Keracunan”

  1. Tabea… Blog yang bagus n menarik untuk dibaca artikelnya. Thanks,-

  2. MUNGKIN SALAH DALAM PENGOLAHANNNYA, TAPI SAYA JUJUR ORANG YANG PALING SETIA MINUM SUSU KEDELAI DAN ALHAMDULILLAH SEHAT WALAFIAT. POKOKNYA SUSU KEDELAI BAGI SAYA JADI MINUMAN HARIAN KELUARGA. JANGAN KHAWATIR DENGAN SUSU KEDELAI MUNGK9N ITU HANYA MUSIBAH KECIL DARI CARA PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN NNYA. MINUMLAH SELALU SUSU KEDELAI JANGAN TAKUUUU…..T.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: