Kacier Kusuma's Blog
where I share my knowledge useful

Contoh Surat Perjanjian Kontrak

SURAT PERJANJIAN KONTRAK

PEKERJAAN PENYEDIAAN KOMPUTER/PC, KOMPUTER NOTEBOOK/LAPTOP,

PRINTER DAN UPOS STABILIZER PENGADAAN PERALATAN GEDUNG KANTOR

Nomor       : 027/75/KPA/422.022/2009

Tanggal     : 06 April 2009

Pada hari ini, Senin tanggal Enam bulan April tahun Dua Ribu Sembilan, kami yang bertanda tangan di bawah ini:

I. Nama              : Drs. EKO SUHARTONO, MM

NIP                          : 010 223 085

Jabatan                    : Kuasa Pengguna Anggaran Bagian Humas dan Protokol Setda Batu

Alamat Kantor      : Jl. Panglima Sudirman 98 batu

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor (Komputer/PC, Komputer Note Book/Laptop, Printer dan UPS Stabilizer) pada Bagian Humas dan protokol Setda Kota Batu, berdasarkan Surat kuasa pengguna Anggaran kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Bagian Humas dan protokol Setda Kota batu Tahun Anggaran 2009 Nomor. 027/23/KPA/422.022/2009.

II. Nama                    : MOCH. T DHAI’IR

Jabatan : Direktur CV. TUNAS ABADI

Alamat Kantor : Jl. Watu Gong No. 22 Malang

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama CV. TUNAS ABADI selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Berdasarkan :

  1. Dana yang tersedia pada Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung kantor.

Tahun Anggaran : 2009

DPA      : 1.20.03.02.09.5.2.3.12.02

: 1.20.03.02.09.5.2.3.12.03

: 1.20.03.02.09.5.2.3.12.04

: 1.20.03.02.09.5.2.3.12.08

  1. Penawaran

Surat dari : CV. TUNAS ABADI

Nomor : 001/TUNAS ABADI/III/2009

Tanggal : 18 Maret 2009

  1. Berita Acara Klarifikasi dan Negosiasi Pejabat Pengadaan Barang/Jasa

Nomor : 027/31/PPBJ/422.022/2009

Tanggal : 01 April 2008

  1. Surat Penetapan Pelaksanaan Pekerjaan

Nomor : 027/31/KPA/422.022/2009

Tanggal : 01 April 2009

Kedua belah pihak dengan ini menyatakan telah setuju dan sepakat untuk mengikat diri dalam suatu perjanjian dalam bidang pelaksanaan Pekerjaan Penyediaan Komputer/PC, Komputer Note Book/Laptop, Printer dan UPS Stabilizer Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Tahun Anggaran 2009, dengan ketentuan dan syarat-syarat sebagaimana tercantum dalam pasal-pasal tersebut di bawah ini:

Pasal 1

TUGAS PEKERJAAN

(1)   PIHAK PERTAMA memberikan tugas kepada PIHAK KEDUA dan PIHAK KEDUA menerima tugas tersebut, yaitu menyiapkan pengadaan Komputer/PC, Komputer Note Book/Laptop, Printer dan UPS Stabilizer kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor yang akan dipesan oleh PIHAK PERTAMA.

(2)   Lingkup Pekerjaan secara terinci adalah sebagai berikut :

No Jml Satuan Spesifikasi Kebutuhan Harga Satuan (RP.) Jumlah Harga (Rp.)
1. 3 Unit PC ACER E-MACHINEPorcessor AMD ATHLON 1600 (2,2 DDR2 1 GB)Hard Disk 80 GBDVD RW Supermulti LAN

 

Monitor LCD 15’

DVD ROM

Card Reader/LINUD

6.050.00 18.150.000
2. 1 Unit Net Book IBM LENOVO S10 8.537.650 8.537.650
3. 1 Unit Note Book AXIOO NEON MLC 0152X 9.971.500 9.971.500
4. 3 Unit Printer Hp Deskjet F2276 1.282.700 3.851.100
5. 3 Unit UPS PRIMATECH 600VA 797.500 2.392.500
Terbilang Total 42.902.750
Empat Puluh dua juta sembilan ratus dua ribu tujuh ratus lima puluh rupiah

Pasal 2

Dasar pelaksanaan pekerjaan

Pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 1, harus dilakukan oleh PIHAK KEDUA sesuai dengan :

  1. Keputusan Presiden RI Nomor 80 Tahun 2003 tentang Pedoman Pengadaan Barang/Jasa Instansi Pemerintah berikut petunjuk teknisnya.
  2. Petunjuk-petunjuk yang diberikan oleh PIHAK PERTAMA baik secara lisan maupun  tulisan.

PASAL3

JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

(1)   Jangka waktu pelaksanaan yang akan dilaksanakan oleh PIHAK PERTAMA ditetapkan selama 7 (tujuh) liari kerja terhitung sejak dikeluarkannya Surat Perintah Mulai Kerja  tanggal 06 April 2009 dan harus sudah selesai dan diserahkan paling lambat tanggal 13 April 2009.

(2)   Waktu penyelesaian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) di atas, tidak dapat diubah oleh  PIHAK KEDUA, kecuali adanya keadaan memaksa sebagaimana telah diatur dalam perjanjian ini.


PASAL 4

HARGA BORONGAN

(1)   Jumlah harga borongan untuk pekerjaan sebagaimana dimaksud dalam pasal 1 perjanjian ini adalah sebesar Rp. 42.902.750,- (Empat puluh dua juta sembulan ratus dua ribu tujuh ratus lima puluh rupiah)  yang dibebankan kepada Kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor Tahun Anggaran 2009 Kode Rekening (1.20.03.02.09.5.2.3) dan merupakan jumlah yang tetap dan pasti (lumpsum fixed price);

(2)   Dalam jumlah harga borongan tersebut pada ayat (1) di atas, sudah termasuk pajak-pajak dan biaya-biaya lainnya yang harus dibayarkan PIHAK KEDUA sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

PASAL 5

CARA PEMBAYARAN

Pembayaran harga borongan dilakukan dengan cara:

  1. Pembayaran tunai setelah pelaksanaan kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung kantor dilaksanakan;
  2. Pembayaran dilakukan atas beban tetap kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung kantor dengan Kode Rekening (1.20.03.02.09.5.2.3) pada Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Batu tahun Anggaran 2009.

PASAL 6

PEKERJAAN BERAKH1R

Pekerjaan dinyatakan berakhir apabila seluruh barang sudah diserahkan oleh PIHAK KEDUA dan PIHAK PERTAMA telah melunasi pembayaran sesuai persyaratan dan ketentuan yang berlaku.

PASAL 7

DENDA-DENDA DAN SANKSI-SANKSI

Keterlambatan penyelesaian/penyerahan pekerjaan dan jangka waktu yang telah ditetapkan dalam Perjanjian ini, akan dikenakan denda/sanksi sebesar 1 %o (satu permil) untuk setiap hari keterlambatan dengan maksimum 5 % (lima person) dari jumlah harga borongan.

PASAL 8

KENAIKAN HARGA DAN FORCE MAJEURE

(1)   Semua kenaikan harga borongan dan lain-lainnya, selama pelaksanaan pekerjaan ini,  ditanggung sepenuhnya oleh PIHAK KEDUA;

(2)   Hal-hal yang termasuk Force Majeure dalam kontrak mi adalah :

  • Bencana Alam (gempa bumi, banjir, gunung meletus, longsor, kebakaran, huru-hara, peperangan, pemberontakan dan epidemi);
  • Kebijakan Pemerintah yang dapat mengakibatkan keterlambatan  pelaksanaan / penyelesaian pekerjaan.

(3)   Apabila terjadi Force Majeure, PIHAK KEDUA harus memberitahukan kepada PIHAK PERTAMA secara tertulis, selambat-lambatnya dalam waktu 3 (tiga) hari sejak terjadinya Force Majeure disertai bukti yang sah, demikian juga pada waktu Force Majeure berakhir;

(4)   Keterlambatan karena Force Majeure tidak dikenakan denda.


PASAL 9

PEMBATALAN PERJANJIAN

(1)   PIHAK PERTAMA berhak membatalkan/memutuskan perjanjian ini secara sepihak  dengan pemberitahuan tertulis tiga hari sebelumnya, setelah memberikan peringatan/teguran tiga kali berturut-turut dan PIHAK KEDUA tidak mengindahkan  peringatan tersebut;

(2)   Pembatalan/pemutusan perjanjian sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tersebut dilakukan apabila PIHAK KEDUA melakukan hal-hal sebagai berikut:

  1. Memberikan keterangan tidak benar yang merugikan atau dapat merugikan PIHAK PERTAMA;
  2. Tidak dapat melaksanakan/melanjutkan pekerjaan;
  3. Memborongkan sebagian atau seluruh pekerjaan kepada PIHAK KETIGA tanpa  persetujuan PIHAK PERTAMA;
  4. Apabila jumlah denda keterlambatan telah mencapai maksimum 5 % dari jumlah  harga borongan ini

(3)   Jika terjadi pembatalan/pemutusan perjanjian secara sepihak oleh PIHAK PERTAMA  sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tersebut di atas, maka PIHAK PERTAMA dapat  menunjuk pemborong lain untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut dan PIHAK KEDUA harus menyerahkan kepada PIHAK PERTAMA segala dokumen yang berhubungan dengan Perjanjian ini.

PASAL 10

BEA MATERAI DAN PAJAK-PAJAK

Bea meterai dan pajak-pajak yang timbul akibat dari perjanjian ini seluruhnya dibebankan kepada PIHAK KEDUA, dilunasi sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

PASAL 11

PENYELESAIAN PERSELISIHAN

(1)   Apabila terjadi perselisihan antara kedua belah pihak, maka pada dasarnya akan  diselesaikan secara musyawarah;

(2)   Apabila musyawarah tidak tercapai, maka penyelesaian terakhir diserahkan kepada  putusan Pengadilan Negeri yang dalam hal ini kedua belah pihak memilih domisili tetap di Kantor Pengadilan Negeri setempat.

PASAL 12

LAIN-LAIN

(1)   Segala sesuatu yang belum diatur dalam Swat Perjanjian ini atau pembahan yang  dipandang perlu oleh kedua belah pihak akan diatur lebih lanjut dalam Surat Perjanjian Tambahan (Addendum) dan merupakan perjanjian yang tidak terpisahkan dari perjanjian ini;

(2)   Sebagai lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari perjanjian ini antara lain :

  • Surat Penawaran harga;
  • Berita Acara Hasil Evaluasi, Klarifikasi dan Negosiasi;
  • Surat Laporan dan Usulan Calon Penyedia barang/Jasa yang dipilih;
  • Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK);
  • Dan Lain-lain


PASAL 13

KETENTUAN PENUTUP

(1)   Dengan telah di tanda tangani Perjanjian ini oleh kedua belah pihak pada hari dan tanggal sebagaimana tersebut di atas, maka seluruh ketentuan yang tercantum dalam pasal-pasal dan lampiran-lampiran perjanjian ini mempunyai kekuatan hukum mengikat kedua belah pihak sebagaimana ketentuan dalam Pasal 1338 ayat (1) Kitab Undang-undang Hukum Perdata;

(2)   Perjanjian ini dibuat dalam rangkap 4 (empat) bermaterai cukup masing-masing untuk  PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA serta masing-masing rangkap mempunyai  kekuatan hukum yang sama dan dinyatakan berlaku sejak diterbitkannya Surat Perintah Mulai Kerja;

PIHAK KEDUACV. TUNAS ABADI

 

MOCH. T DHA’IR

Direktur

PIHAK PERTAMAKUASA PENGGUNA ANGGARAN

 

DRS. EKO SUHARTONO, M.M

Pembina

NIP. 010 223 085

SURAT PERINTAH MULAI KERJA (SPMK)

Nomor       : 027/75/KPA/422.022/2009

Tanggal     : 06 April 2009

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama                          : Drs. EKO SUHARTONO, MM

NIP                             : 010 223 085

Jabatan                        : Kuasa Pengguna Anggaran Bagian Humas dan Protokol Setda Batu

Alamat Kantor            : Jl. Panglima Sudirman 98 batu

Selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA

Nama                          : MOCH. T DHAI’IR

Jabatan : Direktur CV. TUNAS ABADI

Alamat Kantor : Jl. Watu Gong No. 22 Malang

Selanjutnya di sebut PIHAK KEDUA

PHAK PERTAM memberikan perintah kepada PIHAK KEDUA untuk menyelesaikan pekerjaan sebagai berikut:

  1. Macam-macam Pekerjaan       : Penyediaan Komputer/PC, Komputer Note

Book/Laptop, Printer dan UPS Stabilizer kegiatan Pengadaan Peralatan Gedung Kantor

  1. syarat-syarat Pekerjaan           : sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah diatur

dalam dokumen pekerjaan.

  1. Harga Penawaran                    : Rp. 42.902.750,- (Empat Puluh dua juta sembilan

ratus dua ribu tujuh ratus lima puluh rupiah)

  1. Cara Pembayaran                    : Secara Tunai sesuai yang diatur dalam pasal-pasal

Kontrak Perjanjian Pekerjaan

  1. Waktu Penyelesaian                : 7 (Tujuh) hari kalender terhitung sejak dikeluarkannya

Surat Perintah Mulai Kerja tanggal 06 April 2006 dan harus sudah selesai dan diserahkan paling lambat tanggal 13 April 2009

Demikian Surat Perintah Mulai Kerja (SMPK) ini dibuat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya, Surat Perintah Mulai Kerja ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

PIHAK KEDUACV. TUNAS ABADI

 

MOCH. T DHA’IR

Direktur

PIHAK PERTAMAKUASA PENGGUNA ANGGARAN

 

DRS. EKO SUHARTONO, M.M

Pembina

NIP. 010 223 085

About these ads

25 Tanggapan to “Contoh Surat Perjanjian Kontrak”

  1. Thx 4 the share bro. Kebetulan lagi cari2 referensi contoh surat perjanjian.

    Good information.

  2. Dear Pak,

    saya butuh contoh addendum untuk penambahan atau pengurangan pekerjaan dari kontrak yang sudah ada.
    Mungkin bisa dibantu.

    terima kasih

    salam
    eka

  3. bisa di share ke facebook ga’ ?

  4. gabung mas..
    membantu bgt tulisannya..
    dah lama dicari yang ginian, bisa kirimkan format kontrak barang dan kontrak konstruksi ke email saya donk.. yang telah pakai PP 54 tahun 2010 kalau ada..

  5. thank bro contoh spk nya..pas banget ama yang ane cari..boleh copi paste ya….

  6. gabung pak.
    bisa tolong email contoh addendum spk untuk PL kendaraan bermotor pa

  7. sangat membantu sekali, tapi kalau bisa tolong kirimkan contoh addendum konstruksi

  8. lagi nyari surat kontrak nyasar kesini.. terimakasih sudah share..
    saya pelajarin dulu ya.. mudah2an bisa membantu apa lagi dicari nih

    salam

  9. Bisa tolong untuk dapat dikirimkan contoh perjanjian sewa menyewa bendera perusahaan (PT) untuk perusahaan yang bergerak di bidang IT di email ita.laksmi@yahoo.com. Terima kasih …

  10. pak bisa kasih contoh surat tentang berakhirnya perjanjian kerjasama ,japri ya pak

  11. Sebagai lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari perjanjian ini antara lain :

    Surat Penawaran harga;
    Berita Acara Hasil Evaluasi, Klarifikasi dan Negosiasi;
    Surat Laporan dan Usulan Calon Penyedia barang/Jasa yang dipilih;
    Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK);
    Dan Lain-lain

    Berkas dan lain lain maksutnya data kualifikasi ya Pak

  12. pak bisa kasih contoh Draft proposal tentang kerjasama rental Laptop/PC

  13. It appears you truly understand quite a lot pertaining
    to this particular topic and it exhibits as a result of this unique
    article, named Electric Blinds “Contoh Surat Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog”. Thx -Letha

  14. I personally desire to save this specific blog, “Contoh Surat Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog” on my very own web page. Would you care if perhaps I actuallydo? Regards ,Christian

  15. “Contoh Surat Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog” was a very good article and therefore I actually was pretty satisfied to read the blog post. Thanks for your effort-Renee

  16. I truly have a tendency to agree with everything that has been written inside “Contoh Surat
    Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog”. Thanks for pretty much all the facts.Regards-Lavada

  17. What exactly genuinely motivated u to compose
    “Contoh Surat Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog”? I actuallyabsolutely appreciated the post! Thanks -Chad

  18. I personally Believe post, “Contoh Surat Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog” ended up being correctly written! I personallycould not agree along with u even more! Finally appears like I reallyidentified a internet site truly worth checking out. Thanks for your time, Stephanie

  19. This specific article, “Contoh Surat Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog” ended up being fantastic. I’m impressing out a clone to present to my personal colleagues. Thanks-Harley

  20. “Contoh Surat Perjanjian Kontrak | Kacier Kusuma’s Blog” ended up being a superb article, cannot help but wait to read much more of your blogs. Time to waste several time on the web hehe. Thanks ,Jerri

  21. Hey there, You have done a fantastic job. I’ll definitely
    digg it and personally suggest to my friends.
    I am confident they will be benefited from this web site.

  22. Hmm it seems like your website ate my first comment (it
    was super long) so I guess I’ll just sum it up what
    I had written and say, I’m thoroughly enjoying your
    blog. I as well am an aspiring blog blogger but I’m still new to everything.
    Do you have any helpful hints for novice blog writers?
    I’d genuinely appreciate it.


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: